Bersama KOMINFO, FishLog Berkontribusi Menjadi Narasumber Digitalisasi Perikanan di Acara Pekan Nasional Petani Nelayan XIV 2023 di Padang

FishLog menghadiri undangan KOMINFO pada kegiatan Pekan Nasional Petani Nelayan XIV 2023 di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 11-13 Juni 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian melalui Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin). Pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan pelatihan pengembangan digitalisasi dan jaringan informasi agribisnis serta meningkatkan kesadaran petani dan nelayan akan pentingnya pengembangan digitalisasi dan jaringan informasi dalam mengembangkan bisnis. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh petani dan nelayan di Padang dengan total peserta berjumlah sekitar 450 orang. Melalui perhelatan ini pemerintahan kota Padang berharap dapat memberikan manfaat bagi nelayan dan petani untuk menambah literasi digital dengan tujuan memudahkan proses penjualan terutama di sektor hilir. 

Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Hendri Septa menyebutkan sekitar 28 ribu peserta mengikuti Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Kota Padang, Sumatera Barat yang digelar 10-15 Juni 2023. Dengan mengusung tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Indonesia Pangan Lumbung Berkelanjutan Pangan Dunia Menuju 2045”. Mahyeldi, Gubernur Sumbar berharap Penas KTNA XVI dapat memberi motivasi kepada petani nelayan lainnya, untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam memanfaatkan sumber daya alam pertanian yang tersedia di daerah masing-masing. “Khususnya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait perbaikan mutu produksi pertanian dan peningkatan pendapatannya, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga petani nelayan,” harap Mahyeldi. 

Pada acara ini, Fishlog diberikan kesempatan untuk menjadi narasumber yang menjelaskan perihal sektor bisnis dan potensi kolaborasi Fishlog dengan pelaku usaha baik di Padang maupun di Indonesia, yang disampaikan oleh Bapak Galih Husni Fauzan selaku Head of Marketing di FishLog. Pada kesempatan ini Fishlog turut menjelaskan upaya efisien bagi nelayan dalam menghadapi permasalahan kurangnya akses terhadap sistem cold chain sehingga produk perikanan menghadapi risiko tinggi menjadi food waste loss.

Oleh karena itu Fishlog membangun suatu ekosistem digital cold storage dan logistik hulu ke hilir bagi para pelaku perikanan. Ekosistem FishLog berperan sebagai enabler setiap pelaku usaha perikanan dari hulu ke hilir setiap pelaku skala B2B dengan kualitas produk yang terjaga dengan baik. Ekosistem tersebut diharapkan dapat memfasilitasi pemerataan stok perikanan dari tiap daerah di Indonesia. 

Visi misi FishLog yaitu mampu mewujudkan BULOG Perikanan dimana FishLog berperan sebagai fasilitator yang mewadahi para pelaku perikanan di Indonesia, hali ini akan mewujudkan tema dari PENAS yaitu Kemandirian Indonesia Pangan Lumbung Berkelanjutan Pangan Dunia Menuju 2045. Dengan hadirnya Fishlog dalam menjelaskan upaya digitalisasi yang dapat dilakukan dalam industri perikanan, hal ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang selalu dihadapi oleh seluruh supplier dan buyer perikanan di Indonesia.

#Padang #Pelatihan #PENAS #FishLog #Nelayan #Digitalisasi #StartUp #Maritim #Logistik #ColdChain #Expo #Pameran #Internasional #Technology #Teknologi #Perikanan #Kelautan #Fishery #SupplyChain #RantaiPasok #Ekonomi Biru #Effective #Transformasi #Digital #GudangIkan #Gudang #ColdStorage #RantaiDingin #Kualitas #Quality #Seafood

Written by :

Alfinna Yebelanti, Public Relations at FishLog (alfinna@fishlog.co.id)

Asiah Khairunnisa Luthan, Public Relations Intern at FishLog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *